No 01 Jl. Batu Ampar

kerinci Barat, Pos 28381

+62 812 776 0

24/7 Customer Support

Mon - Fri: 9:00 - 17:30

Online school always open

SMAN 2 Pangkalan Kerinci Sukses Kembangkan Hidroponik, Melalui Program Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Kewirausahaan.

(14/03/2023).Salah satu program yang sukses dikembangkan oleh SMAN 2 Pangkalan Kerinci adalah budidaya tanaman hidroponik. Keberadaan hidroponik adalah program lanjutan dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang merupakan bagian tak terpisahkan dari kurikulum Sekolah Penggerak atau Kurikulum Merdeka.

Sebagai salah satu Sekolah Penggerak di Pelalawan, pada semester Ganjil Lalu, SMAN 2 Pangkalan Kerinci mengimplementasikan dua Tema Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yaitu Kebhinekaan Global  dan Suara Demokrasi sementara pada semester Genap mengimplementasikan tema Kewirausahaan.

Pada Tema Kewirausahaan ini di bagi menjadi beberapa kelompok atau topik di antara nya kelompok kuliner khas, kelompok Macrame dan Meranjut, kelompok Handicraft, Kelompok Sablon, kelompok Buket/Hantaran dan kelompok Hidroponik.

Kepala SMAN 2 Pangkalan Kerinci, Misnarti, S.Pd., M.M ditemani Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana dan Prasarana, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Kordinator/Fasilitator Hidroponik dan beberapa orang guru serta peserta didik team Hidroponik melakukan panen tanaman pakcoy, Senin 13 Maret 2022.

Lebih lanjut, Misnarti, S.Pd., M.M menjelaskan bahwa selain pengembangan karakter peserta didik agar mencintai lingkungan sekolah yang asri juga memiliki pemahaman metode pertanian modern serta kebiasaan untuk mengonsumsi sayur-sayuran segar.

“Hidroponik adalah sebuah metode modern yang dapat dikembangkan oleh petani sebagai media pengganti lahan tanah sehingga memudahkan para petani mengelola pertanian secara modern dan memaksimalkan hasil panen. Para siswa sangat antusias dalam mengikuti pelatihan budidaya sayur hidroponik yang dilaksanakan di green house SMAN 2 Pangkalan Kerinci. Harapan dari kegiatan ini adalah adanya kelangsungan yang berkesinambungan sehingga minat, bakat siswa menjadi bekal keterampilan kelak ketika lulus atau  di masyarakat nantinya”. (ccw)